Tuesday, September 01, 2015

Peraturan-peraturan di Semeru

Apabila kalian ingin menjejakan kaki digunung ini ada aturan yang harus kalian tepati ketika menjelajah alam Semeru dan harus ditepati. Tahun 2015 ini telah banyak aturan yang dibuat oleh pengelola untuk mengamankan pendaki dan melestarikan alam, diantaranya adalah :
1. setiap pendaki harus membawa sleeping bag, satu orang satu.
2. tidak boleh membawa spidol atau alat tulis lainnya.
3. tidak boleh membuat api dan memetik bunga abadi.
4. tidak boleh mendekati pohon yang diikat tali putih (mengapa ? baca lebih lanjut di artikel mitos di gunung Semeru)
5. tidak boleh cuci tangan, wudhu, mandi atau cuci piring secara langsung di danau ranukumbolo. apabila ingin melakukan hal tersebut pendaki harus mengambilnya menggunakan aqua kosong dan melakukan aktivitas tersebut dipinggir danau, apabila melanggar siap-siap anda malu diteriaki oleh pendaki lain (mengapa ? baca lebih lanjut di artikel mitos gunung semeru) kalau kalian pernah lihat film  5 cm mandi di danau itu cuma adegan bohongan (baca : fakta semeru dari film 5 cm)
6. tidak boleh melakukan pendakian malam hari
7. tidak boleh jalan atau pergi sendiri (mengapa ? baca di mitos gunung semeru)
8. tidak boleh membuang sampah sembarangan. peraturan terbaru apabila pendaki ketahuan tidak membawa sampah turun maka pendaki akan diberi dua pilihan hukuman pertama kembali naik ke atas mengambil sampahnya atau diblaclist untuk tidak boleh mendaki gunung semeru selamanya. pengecekan sampah dilakukan ketika pendaki turun dari pendakian. pendaki boleh keluar dari area basecamp setelah menyetorkan sampah, kalau ketahuan tidak membawa sampah maka pendaki akan disanksi sesuai aturan diatas. maka, jadilah pendaki bijak ! (@astikatrin)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Thanks All Buat Komentar Kalian. No Spam, No Sara, No etc.
"Best Moment, Best Blogging, Best actualities"
Blog Ini Dofollow, Jadi bijaklah dalam berkomentar

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home