Tuesday, September 01, 2015

Mitos di gunung Semeru

Setiap gunung pasti memiliki mitos-mitos yang beredar, apalagi Semeru gunung yang fenomenal karena film 5 cm aroma mitos sangat kental disini. Ada beberapa mitos yang ramai di bicarakan di sini,
1. Semeru adalah wilayah kekuasaan dewa-dewa menurut kepercayaan warga suku tengger, sehingga banyak mahluk dari dimensi lain. Apabila disana pendaki tidak boleh mendekati/mendirikan tenda/bermain di sekitar area pohon berwarna putih sebab pohon itu ada penghuninya. menurut cerita yang beredar apabila kita melakukan larangan tersebut maka pendaki akan mengalami kesurupan dan gangguan dari penghuni pohon.
2. Seringnya mahluk dimensi lain menampakkan diri. Inilah yang menyebabkan pendaki tidak boleh berjalan sendiri. sebab terkadang ada penghuni lokal yang tampak, pendaki mengira itu pendaki justru setelah diikuti malah menyebabkan kita tersesat. cerita yang beredar demikian, ada pendaki berjalan sendiri yang mengikuti dua orang ternyata malah tersesat dan setiap malam ketika tersesat mendengar bunyi-bunyian gending jawa. selain itu berbahaya bagi pendaki untuk berjalan sendiri apalagi dimalam hari, sebab Semeru masih menjadi habitat asli macan kembang yang sewaktu-waktu bisa menyerang.
3. Ranukumbolo adalah air suci titisan dewa menurut kepercayaan suku tengger, sehingga tidak boleh digunakan untuk aktivitas-aktivitas sehari-hari secara langsung.
4. mitos paling fenomenal adalah mitos ditanjakan cinta, apalagi bagi pemuda-pemudi yang masih dimabuk asmara. Ada mitos yang beredar bahwa apabila kita melewati tanjakan cinta dengan kekasih kita dan tidak menoleh ke belakang maka dia benar-benar akan menjadi jodoh kita. sebaliknya apabila pendaki menoleh ke belakang tinggal menunggu waktu putus saja. Percaya atau tidak ? (@astikatrin)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Thanks All Buat Komentar Kalian. No Spam, No Sara, No etc.
"Best Moment, Best Blogging, Best actualities"
Blog Ini Dofollow, Jadi bijaklah dalam berkomentar

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home