Tuesday, January 31, 2012

KEMAH BUDAYA


 MAGELANG, juli 2010, seluruh siswa-siswi perwakilan dari masing-masing Kab/
Kota seluruh Jawa Tengah berkumpul di Taman Kyai Langgeng, Magelang Jawa Tengah. Mengadakan kemah yang bertamakan Budaya yang berlangsung selama 4 hari 3 malam.
Kemah budaya adalah suatu progam dari dinas pendidikan jateng serta dinas pariwisata jateng. Isi dari kemah budaya ini sendiri merupakan pengenalan budaya jawa tengah yang dibawakan oleh masing-masing siswa dari tiap kabupaten ataupun kota dalam suatu pensi akbar, hal ini selalnjutnya digunakan sebagai ajang kreatifitas budaya yang berpotensi menembus pasar internasional. Didalam kemah budaya tahun 2010 banyak materi yang diterima oleh siswa yang berasal dari narasumber yang kompeten dibidangnya, meliputi cara pembuatan candi pada jaman Hindu-Budha yang meliputi prosesnya sendiri, bahan, serta sistem kunci candi yang tahan gempa dijelaskan secara detail hingga kegiatan mengunjungi museum senjata yang berguna untuk meningkatkan cinta tanah air peserta serta pembina. Setiap kab/kot mewakilkan 5 putra dan 5 putri yang akan menjadi peserta dari kemah budaya ini sendiri. Meliputi Kab/Kota Pemalang, Magelang, semarang, Banyumas, Slawi, Pekalongan, Batang, Purwokerto, Tegal, Brebes, Wonosobo, Jepara, Kudus, Solo, Karanganyar,  dan masing banyak lainya
Ikut berpartisipasi dalam kemah budaya tahun 2010 merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga bagi para peserta, bukan hanya pentas seni budaya kab/kota masing-masing, namun banyak kegiatan lain yang sangat bermanfaat dan berguna yang diberikan seperti lomba mading , seminar, mendongeng, senam, perenungan, menggambar wayang serta outbont. Jadi meningkatkan suatu potensi budaya bukan hal yang sulit karena dilihat dari antusias peserta yang sangat besar, jelas masyarakat jawa tengah masih terlalu arif untuk meninggalkan budayanya.

Author : Kisworo Kab. Pekalongan

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Thanks All Buat Komentar Kalian. No Spam, No Sara, No etc.
"Best Moment, Best Blogging, Best actualities"
Blog Ini Dofollow, Jadi bijaklah dalam berkomentar

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home