Wednesday, February 08, 2012

BAGAIMANA MENCARI INSPIRASI DALAM MENULIS?



“ah ide ini aja ah, oh ya apa yang ini, bagaimana dengan yang ini, aduh lama-lama jadi pusing juga ni kepala, haduuuhhh”
            Sobat semua pasti pernah mengalami kejadian itu kan, enggak bisa mikir alias puyeng cari ide tulisan yang baik, kadang kepikiran ide yang ini, kadang ide yang itu, atau parahnya enggak punya ide pengen nulis apa. Tulisan yang berkualitas tinggi memang di perlukan bagi sobat-sobat semua yang berprofesi sebgai Penulis Novel/Skenario, Wartawan, atau orang seperti saya ( Blogger) dari ketiga profesi tadi mempunyai cara masing-masing dalalm menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas baik dan berkualitas, mungkin untuk seorang penulis novel ataupun cerpen sangat penting dalalm menghasilkan tulisan yang panjang dan interest, kalau wartawan mungkin bagaimana kita bisa menyajikan suatu berita dalam bentuk tulisan yang tidak membuat pembaca bosan, kalau untuk blogger adalah bagaimana kita menghasilkan tulisan yang unik, fress, imajinatif yang bisa membuat visitor  berkunjung ke blog kita secara terus menerus.

CARA MENCARI IDE TULISAN
Dalam membuat tulisan sangat dibutuhkan sebuah ide yang segar, motivasi yang tinggi, imajinasi yang super dan tekad yang tak padam. Lalu bagaimana membakitikan ide, motivasi, imajinasi dan tedak dalalam menulis?
Dari sebuah buku yang pernah saya baca(berjudul Jadi Penulis? Gampang kok!!) tidaklah sulit menumbuhkan hal tadi, berikut ini adalah cara bagaimana supaya ide dalam otak kita keluar semua. PERTAMA carilah motivasi, kenapa motivasi penting? Karena motivasi adalah motor untuk kita menulis. Coba sobat semua cari motivasi yang awet, seperti menulis untuk dapat income buat bertahan hidup, motivasi menulis karena cewek, nulis karena pengen banget bersaing dengan JK. Rolling atau choiril anwar dan penulis top lainya. KEDUA mencari imajinasi/ide sangat diperlukan, karena imajinasi adalah hal yang bisa membuat tulisan kita hidup dan bisa membuat orang lain enggak bosen kalau baca tulisan kita, yang perlu diperhatikan adalah biarkan semua mengalir apa adanya jangan paksa pikiran kita untuk mengeluarkan sebuah imajinasi/ide yang cemerlang, dan ingat setiap kali sobat menemukan sebuah ide baru langsung catat entah di HP atau disebuah buku kecil. KETIGA berdiamlah didepan jendela rumah sobat ketika hujan, hal tadi cukup ampuh dalam mengasilkan sebuah ide yang bagus, karena mungkin suasana yang sangat tenang bisa membuat kita fikiran jernih. KEEMPAT  kunjungi tempat – tempat yang baru, yakinlah kalau semakin sering kalian mengunjungi tempat yang baru, semakin bervariasi pula ide/imajinasi yang akan tumbuh di fikiran sobat – sobat semua. KELIMA jangan pernah menyerah karena ini hanyalah awal, usahakan kalian tetap berkarya karena dengan tetap berkarya, jalan menjadi penulis yang handal akan semakin terbuka lebar.

Author  : Kisworo

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Thanks All Buat Komentar Kalian. No Spam, No Sara, No etc.
"Best Moment, Best Blogging, Best actualities"
Blog Ini Dofollow, Jadi bijaklah dalam berkomentar

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home